Di sebuah forum ada beberapa pengalaman lucu yang dialami ulama dengan orang awam.

    1. Seorang lelaki melakukan sa’i 8 lintasan lalu ia diberitahu bahwa ia keliru karena cukup 7 lintasan. Lelaki itu pun kembali dan berjalan mundur karena mengira itu akan mengurangi satu lintasan.
    2. Seorang syaikh menghadiri sebuah acara pemuda. Di acara itu para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok memilih nama seorang shahabat sebagai nama kelompok. Ternyata salah satu kelompok beranggotakan 5 orang memilih nama Abu Jahl!!! Mereka mengira Abu Jahl termasuk shahabat.
    3. Dikatakan kepada orang yang membacakan al-Qur’an di pemakaman bahwa mereka meminta bayaran terlalu tinggi. Orang itu lalu menjawab, “Bukankah Allah Ta’ala berfirman: “Janganlah kamu menjual ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. (QS. 5:44)”?” (Padahal ayat itu tentang orang yang mengubah-ubah ayat Allah demi dunia.)

      Allahul musta’aan. Betapa berbahayanya kebodohan dan betapa pentingnya pemahaman yang baik. Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa Sallam bersabda:

      من يريد الله به خيرا  يفقهه في الدين

      “Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan baginya maka ia akan dipahamkan dalam agama.” (Muttafaqun ‘alayhi)

      Semoga Allah Ta’ala memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan pemahaman yang baik, menjauhkan kita dari kebodohan, dan memudahkan kita untuk beramal shalih.


      Comments

      You must be logged in to post a comment.

      Name (required)

      Email (required)

      Website

      Speak your mind