Saya menggunakan modem Venus Fast2 yang cukup populer, karena modem tersebut murah meriah dan mendukung EVDO dengan kartu Smart dan AHA. Modem tersebut berjalan baik di Windows XP dan Windows 7 Ultimate 64-bit. Beberapa hari lalu saya menginstal SP1 untuk Windows 7 Ultimate 64-bit dan tiba-tiba modem tersebut tidak berfungsi. Pesan kesalahan menunjukkan bahwa modem tersebut tidak dikenali.

Tadinya saya mengira modem tersebut yang mengalami masalah, tetapi setelah saya coba di Windows XP modem berfungsi dengan baik. Dengan demikian, kecurigaan beralih ke sistem operasi dan setelah melakukan pencarian, beberapa orang mengalami masalah serupa dengan Windows 7 Ultimate 64-bit SP1.

Setelah mengenali masalah, tentu langkah berikutnya memecahkannya. Upaya pertama adalah melakukan instalasi ulang driver, tapi tidak membuahkan hasil. Kemudian, saya mencari driver terbaru, tapi ternyata saya tidak dapat menemukan situs web pembuat modem ini, apalagi untuk mendapatkan driver yang lebih baru. Inilah risiko menggunakan perangkat keras dari vendor yang tidak jelas.

Selanjutnya, saya coba untuk lihat lebih detail masalahnya. Setelah modem dipasang muncul empat perangkat Data Interface yang tidak memiliki driver. Instalasi melalui klik kanan Update Driver Software… secara otomatis tidak memperbaiki masalah yang berarti instalasi harus dilakukan secara manual.

Untunglah, ternyata di folder instalasi program bawaan modem ini terdapat driver-driver yang dibutuhkan. Lokasi instalasi default-nya di:

C:\Program Files (x86)\CDMA 2000 EV-DO Rev.A\driver\Driver\AMD64

Instalasi dilakukan Computer Management, klik kanan tiap Data Interface lalu pilih Update Driver Software… dan klik Browse my computer for driver software, lalu isikan folder tersebut dan klik Next. Windows akan menginstal driver yang dibutuhkan. Ulangi untuk semua Data Interface lainnya, sehingga akan dikenali empat perangkat:

  • 3G Wireless Modem
  • 3G Wireless – Application Interface
  • 3G Wireless – Diagnostics Interface
  • 3G Wireless – PC UI Interface

Alhamdulillah kini modem saya dapat berfungsi kembali, sehingga bisa membuat posting ini. Semoga bermanfaat.


Comments

You must be logged in to post a comment.

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind