Dalam beberapa kesempatan memeriksa tugas akhir mahasiswa, saya menjumpai formula yang dituliskan menggunakan Equation Editor di Word 2007 dan di dalamnya terdapat teks (bukan simbol atau variabel) yang jenis fonnya berbeda dengan yang semestinya (Calibri Math, bukan Times New Roman). Sebagai contoh:


Ketika diminta agar jenis fon disesuaikan, muncullah jawaban “Tidak bisa, Pak.” atau yang semacamnya.

Apakah benar tidak bisa? Agak aneh bagi saya jika masalah sesederhana itu tidak terpikirkan oleh pengembang Word 2007. Mungkin saja sih terluput seperti kasus hilangnya pattern fill untuk chart di Excel 2007 yang muncul kembali di Excel 2010. Namun, agar lebih jelas, saya pun mencoba dan memang ketika kita membuat formula dengan Equation Editor, kemudian ada teks yang kita ganti jenis fonnya (atau pemformatan lainnya), perubahan tersebut tidak terjadi. Karena itulah muncul jawaban seperti mahasiswa tadi.

Akan tetapi, ternyata ada cara agar perubahan format dapat dilakukan. Klik formula yang ingin diatur, dan blok teks yang ingin diformat. Lalu klik Design pada menu, dan pada ribbon yang ditampilkan, klik Normal Text. Barulah kemudian bagian teks tersebut dapat kita format sesuai keinginan kita.


Dengan demikian, contoh formula di atas dapat disesuaikan menjadi sebagai berikut:

 

Semoga dapat bermanfaat.


Comments

You must be logged in to post a comment.

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind